Monday, April 8, 2013

Cara Ampuh Menjadi Pribadi Yang Baik


Kunci, Anda pasti tidak asing dengan benda yang satu ini. Bentuknya beraneka ragam begitupula dengan teknologinya, mulai dari yang konvensional sampai yang modern. Begitu pentingnya kunci sampai-sampai kita dibuat panik ketika kehilangan kunci, bahkan supaya terhindar dari kepanikan, kita melakukan tindakan preventif dengan menggAndakan kunci sebagai cadangan.
Tapi ada satu hal yang tak tergantikan dari kunci yaitu fungsinya. Kunci secara fisik ataupun dalam arti kata yang tidak sebenarnya berfungsi untuk membuka, membawa kita untuk masuk ataupun keluar.
Begitupula dengan membuka kunci untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam materi presentasi Roslina Verauli M,Psi dalam OktoTalkshow Care Yourself In and Out, disampaikan “ 5 Keys to be Good” yang dibawakan dengan menarik dan sangat atraktif. Peserta talkshow yang rata-rata adalah perempuan muda, tampak sungguh-sungguh dalam mengikuti tiap informasi yang disampaikan oleh Vera.
Berikut kunci-kunci yang harus Anda simpan dan gunakan untuk menjadi lebih baik dari sekarang :
Memahami diri sendiri
Menjadi pribadi yang optimis, di tengah segala ketidakoptimisan yang sering kali muncul. Baik di tempat kerja, keluarga ataupun dengan diri sendiri. Mengenal kekuatan yang ada dalam diri untuk terus dikembangkan bukan malah sibuk dengan “mengurung” diri dengan kelemahan yang dimiliki. ”Memperkaya” diri untuk meraih pencapaian diri, tujuan yang telah ditetapkan. Memperkaya bukan dalam hal keuangan tapi menambah pengalaman dan terus mengembangkan diri.
Mencapai tujuan yang ditetapkan
Saat ini kita telah memiliki peran masing-masing, baik jabatan di kantor atau juga peran di kehidupan sehari-hari. Dalam ilmu psikologi ada 3 hal yang harus dipahami yaitu mengenal diri secara faktual, mengenal diri dalam format “seharusnya”, dan juga mencapai peran yang ideal.
Hidup adalah menjalankkan kehidupan itu sendiri, jangan terjebak pada kehidupan “mimpi” yang hanya di awang. Jika Anda punya resolusi tahun ini, wujudkan dan laksanakan apapun daya upayanya. Salah satunya dengan Anda punya contoh atau role model, hal ini membuat Anda jauh lebih terarah dalam meraih tujuan.
Membuat hubungan yang positifDari segala kesibukan Anda, siapkan waktu khusus untuk lebih “intim” dengan semua orang yang terhubung dengan Anda terutama yang terdekat dengan Anda. Hubungan kerja atau juga pertemanan butuh dirawat dengan baik, hal ini sangat berpengaruh pada kualitas tiap hubungan yang terjadi.
Ciptakan komunikasi yang efektif, mengingat waktu menjadi hal yang penting dalam hidup, apalagi di kota besar yang serba cepat ini. Satu lagi yang penting adalah mau mendengarkan, pastikan bahwa komunikasi yang dibuat untuk menciptakan positif adalah komunikasi dua arah. Belajarlah untuk mau mendengar bahkan menyimak apa yang didengar.
Memperkaya diri secara spiritual
Selalu ingat untuk bersyukur dan ikhlas. Dua hal ini yang membuat jiwa kita jauh lebih positif. Apapun ajaran yang Anda percaya, pastilah selalu mengingatkan untuk menjadi selalu bersyukur dan ikhlas.
Tampil baik dan menarik
Pesan yang paling mudah diterima adalah sikap tubuh, yang sangat kasat mata. Maka perhatikanlah pesan fisik Anda, penuhi kebutuhan biologis yang paling sederhana adalah kebutuhan istirahat malam selama 8 jam dan juga perawatan tubuh seperti pijat, spa, creambath, dan lain-lain.
Pesona tampilan juga merupakan hal penting yaitu melalui sikap tubuh yang prima, menemukan sikap berdiri yang baik. Ekspresi wajah yang menyenangkan, salah satunya dengan senyum yang hangat.
Senyum bukan hanya pada tarikan kecil di sudut bibir, mata Anda pun juga harus tersenyum, tulus. Dan juga berikan pesan dan juga kesan tentang diri Anda yang sebenarnya, jujur, tidak palsu. Karena ketika bertemu dengan orang lain, bisa jadi Anda akan sering bertemu secara intens, jadi berikanlah kesan diri Anda yang sebenarnya tidak perlu bertopeng.
Jika Anda sudah memegang kunci-kunci yang telah dijabarkan di atas, maka Anda tak perlu lagi khawatir dalam menghadapi tahun yang masih baru ini. Bahkan ketika tahun tak lagi baru, semangat Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik terus terjaga. Tidak perlu menduplikat kunci untuk pribadi yang positif?
(wina)

No comments:

Post a Comment